Percobaan

 


Pj Bupati Bachyuni dan Kedua TP PKK Hadiri Pelantikan LAM Desa Arang Arang Kumpeh Ulu, Begini Pesanya

 SENGETI - Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah,SH., MH.,didampingi ketua TP PKK Kabupaten Muaro Jambi Faradillah Zahara Bachyuni,SH., menghadiri pengukuhan Datuk Penghulu Lembaga Adat Desa dan Pelantikan Ketua TP PKK tingkat  Desa serta Pelantikan Bunda Paud tingkat Desa di dua Desa,  Desa Arang Arang dan Desa Pemunduran Kecamatan Kumpeh Ulu, Senin (29/1/2024).



Pelantikan pengurus Lembaga Adat Desa itu, dilakukan oleh Pembina LAM Kabupaten Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah sebagai Datuk Adipati Arif Setio Noto Negoro  di tandai pembacaan Surat Keputusan (SK) LAM Jambi Kabupaten Muaro Jambi No. 20 Tahun 2024 tentang Pengangkatan dan Penetapan, Pengurus Lembaga Adat Desa Arang Arang dan Desa Pemunduran oleh Sekretaris I LAM Jambi Kabupaten Muaro Jambi, R. Fuazi, S. Kep.


Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor Desa arang arang Kecamatan kumpeh ulu. Tampak hadir pada kegiatan tersebut sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Muaro Jambi, Sekretaris LAM Muaro Jambi, Camat kumpeh ulu , unsur TNI/Polri, tokoh masyarakat, serta undangan lain.


Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah dalam kesempatan ini mengucapkan selamat atas dikukuhkannya pengurus Lembaga Adat Melayu Desa kumpeh dan pemberian gelar adat kepada Ketua LAM Jambi Desa arang arang , Kecamatan kumpeh ulu Kabupaten Muaro Jambi.


Pj Bupati Bachyuni menghimbau lembaga adat yang dikukuhkan tetap menjadi wadah pembinaan yang melestarikan serta melindungi adat dan budaya yang bertumbuh dimasyarakat dan diwariskan secara turun temurun.


Pj Bupati kembali menegaskan pengukuhan lembaga adat tidak sebatas ceremonial melainkan ada wujud tanggung jawab yang diemban pada datuk kades. 


Lewat penyematan Lacak dan keris dalam prosesi pengukuhan menjadi simbol kehormatan, kepemimpinan dan tanggung jawab.


Pj bupati juga berharap kepada Datuk Kepala Desa yang telah dikukuhkan untuk mampu bekerja sesuai program yang akan disusun dengan penuh tanggung jawab, serta siap menjadi contoh dan suri tauladan bagi masyarakat tentang adat dan budaya Melayu khususnya di Kabupaten Muaro Jambi,"tutupnya.