Percobaan

 


Kemenag Muaro Jambi Launching Kampung moderasi Beragama


JAMBIBABA. COM, SENGETI - Kabupaten Muaro Jambi merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi yang terbesar dengan keanekaragaman budaya dan agama. Untuk memanfaatkan keanekaragaman menjadi potensi unggul yakni dengan merawat kerukunan umat beragama. Upaya tersebut pun diwujudkan dalam Sosialisasi Toleransi Antar Umat Beragama dan Launching Kampung Moderasi Beragama di Desa Muaro Jambi Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi, yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muaro Jambi, pada Jumat (29/9/2023).


Kepala Kantor Kemenag Muaro Jambi H. Buhri Y, S.Pd. M.EI mengungkapkan, ada 4 poin penting dalam tri kerukunan, diantaranya Kerukunan intern umat beragama, Kerukunan antar umat beragama, dan Kerukunan antara umat beragama dan pemerintah, serta Kerukunan didalam rumah tangga.


"Kerukunan dapat diartikan sebagai kondisi hidup dan kehidupan yang mencerminkan suasana damai, tertib, tenteram, sejahtera, hormat menghormati dan gotong royong sesuai dengan ajaran agama dan kepribadian pancasila," ungkapnya.


Kondisi saat ini, toleransi antar umat agama harus ditingkatkan dengan melalui pendidikan dan forum sosialisasi. Jika setiap orang memiliki sikap toleransi yang tinggi, maka ini akan meminimalisir terjadinya konflik antar umat beragama, dan kehidupan antar umat beragama pun akan terjalin dengan tentram dan damai.


"Sesama umat beragama tidak diperkenankan untuk saling bermusuhan, saling menghina. Akan tetapi harus mengembangkan sikap saling menghargai, menghormati dan toleransi apabila terdapat perbedaan. Agama di Indonesia yang diakui oleh negara terdiri dari enam, yakni Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Khonghucu." Ungkapnya.


Kepala Kantor Kemenag berharap dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan ini dapat saling bertukar informasi dan menjalin tali silaturahmi yang semakin erat.


"Mari kita wujudkan Muaro Jambi Juara Lahir Batin yang sesuai dengan tema kegiatan hari ini yakni Mempererat Ukhuwah Antar Sesama Dalam Rangka Merawat Kerukunan Umat," ungkap kakemenag Muara Jambi.


Kegaitan yang berlangsung di Pojok Kopi Dusun, dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Muaro Jambi H. Buhri Y, S.Pd. M.EI yang turut dihadiri 6 unsur agama, unsur ormas, penyuluh agama islam, datuk kades Muaro Jambi, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.


Setelah pembukuan, kegaitan dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Ketua FKUB Muaro Jambi Kh Asrofi Asror M.Pd dengan tema Menjaga Kerukunan umat beragama. Dalam materi yang disampaikan, ada 5 poin dalam menjaga Kerukunan umat beragama, diantaranya membangun sikap saling menghormati, meningkatkan pemahaman tentang agama dan keberagaman, kemudian menghindari penyebaran berita hoax, meningkatkan partisipasi dalam kegaitan lintas agama dan mengajarkan nilai-nilai persaudaraan antar umat beragama.


"FKUB Muaro Jambi sangat mengapresiasi atas kegaitan yang dilaksanakan oleh Kemenag Muaro Jambi. Melalui kegaitan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya konflik dan dapat menjaga kerukunan umat beragama,"ujarnya.


Setelah penyampaian materi, para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan. Kemenag Muaro Jambi berkomitmen untuk dapat memperluas Kampung Moderasi Beragama di Kabupaten Muaro Jambi.(@21).