Percobaan

 


Sukseskan Pelayanan Haji Ramah Lansia tidak Berharap Penghargaan

 

OPINI : M. Rafii

Sukseskan Pelayanan Haji Ramah Lansia tidak Berharap Penghargaan


Muhammad Rafii

Dosen UIN STS Jambi


Potongan pidato Menteri Agama menyentuh pelayan atau petugas jamaah haji, “kalau tidak ada orang, tidak ada satupun orang memberi penghargaan kepada bapak/ibu pelayan haji, saya berdiri di depan satu-satunya orang yang memberi penghormatan dan penghargaan kepada bapak/ibu sekalian”.


Pidato tersebut tersebar di berbagai media termasuk facebook. Kementerian Agama menyadari bahwa pelayanan haji terkhusus bagi jamaah lansia di lapangan sangat menyentuh hati dan menahan perasan terharu serta mendalam. Bahkan melebihi seseorang melayani atau merawat orang tua.


Pelayanan haji ramah lansia berupaya memberi layanan terbaik terhadap jamaah lansia, dalam setiap ritual haji maupun di luar ibadah-ibadah haji. Kementerian Agama mengucapkan terima kasih dan penghormatan sebesar-besarnya kepada seluruh petugas yang siap siaga dalam melayani jamaah lansia. 


Bahkan salah seorang petugas membagikan ceritanya pada status watshapp. Ia menceritakan bahwa jamaah lansia seringkali menyasar, dan ia selalu mencarinya hingga ketemu dan diantar kembali ke tempat jamaah berkumpul. Bahkan dalam ceritanya ia berjalan kaki hingga ratusan meter ke berbagai penjuru untuk menemukan seorang jamaah tersebut. 

Dedikasi petugas haji dalam melayani jamaah lansia mendapat respon yang baik. Ketekunan dan tanggung jawab mereka dalam bertugas tidak diragukan lagi. Petugas selalu memastikan jemaah lansia sehat dan nyaman dalam menjalan ibadah di tanah suci. Bahkan beberapa petugas seringkali memberi hashtag “tugasku, ibadahku” di beberapa postingan akun mendia sosial mereka.


Kesuksesan Kementerian Agama menyelenggarakan haji ramah lansia tidak dapat ditutupi, penyebaran petugas yang dikomandoi Menteri Agama dalam melayani jamaah lansia telah beredar ke berbagai media publik, youtube, facebook, dan grup-grup WA. Komitmen Gus Men terhadap pelayanan haji sangat kuat, beberapa waktu lalu komentar Gus Men ke Perusahaan Swasta yang dipilih Kementerian Haji Arab Saudi “kalau jamaah belum makan, maka saya tidak mau makan” mendapat simpati publik terkait penundaan makan bagi jamaah haji yang berada di Mina.


Kesuksesan Gus Men dalam mengomandoi pelayanan haji ramah lansia layak diapresiasi. Semoga petugas jamaah haji secara umum dan jamaah lansia selalu mendapat kebaikan dalam menjalankan tugas. Kehadiran petugas selalu membawa kemudahan bagi setiap jamaah terkhusus jamaah lansia.