Percobaan

 


Berkunjung ke Talang Duku, Bachyuni Deliansyah Usulkan Perbaikan Jalan ke Presiden

SENGETI -- Usai meninjau ruas jalan yang rusak di Mestong, kini Presiden Jokowi bersama Gubernur Jambi H Al Haris, Pj Bupati Muaro Jambi kembali melihat kondisi jalan dikawasan Talang Duku Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi.


Selain gubernur dan PJ Bupati, kunjungan orang nomor satu itu ke Talang Duku juga didampingi oleh Menteri PUPR, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, Kadis PUPR Kabupaten Muaro Jambi Yultasmi, Kadis Kominfo Faisal Harahap dan beberapa pejabat lainnya.


Di Talang Duku, Jokowi sempat  memasuki wilayah pelabuhan Pelindo Talang Duku. Namun tidak lama berselang Presiden Jokowi kembali keluar pelabuhan untuk melihat secara langsung stockpile Batu Bara dan jalan yang rusak yang berada di jalan pelabuhan Talang Duku dan sekitarnya.


Kesempatan yang langka ini dimanfaatkan oleh PJ Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah untuk mengutarakan keluh kesahnya. Terutama keterbatasan anggaran daerah untuk membangun jalan.


"Alhamdulillah usulan kita untuk perbaikan jalan Talang Duku juga direspon oleh Presiden Jokowi dan akan diperbaiki oleh dana pusat," kata Bachyuni.


Kunjungan Presiden Jokowi ke Talang Duku merupakan agenda kedua di Muaro Jambi. Sebelumnya Jokowi meninjau jalan rusak di sungai gelam. 


Dalam kesempatan itu, Bachyuni Deliansyah langsung mengusulkan agar ruas jalan yang rusak di Kabupaten Muaro Jambi diperbaiki oleh Pemerintah pusat.


Menurut dia, keterbatasan anggaran daerah sangat mempengaruhi rencana perbaikan infrastruktur di kabupaten Muaro Jambi. Katanya, total panjang jalan yang harus di tangani oleh pemerintah kabupaten Muaro Jambi lebih dari 1000 km.  Kondisi jalan baik dan mantap di kabupaten Muaro Jambi baru mencapai 40 persen.


Dihadapan presiden, Bachyuni mengusulkan ruas jalan batas Kota Jambi - Simpang Tangkit - Sungai Gelam dengan kondisi rusak sepanjang 5,2 Km melalui mekanisme usulan instruksi presiden di tahun 2023 ini. 



"Usulan ini Alhamdulillah di respon oleh Bapak Presiden yang langsung melihat kondisi jalan batas Kota Jambi sampai - simpang Sungai Gelam," kata Bachyuni.


Selain itu, dirinya juga mengusulkan ruas jalan simpang Pelabuhan Talang Duku - Kemingking Dalam. 


 "Mudah-Mudahan Ruas jalan talang duku juga diperbaiki oleh pemerintah pusat," ungkapnya. 


Presiden Jokowi meninjau jalan rusak di Kabupaten Muaro Jambi.  Kondisi jalan yang dilewati Jokowi cukup parah, dan itu membuat dirinya langsung memutuskan untuk melakukan perbaikan jalan yang rusak ini.


Ia menyebut jika perbaikan jalan di Provinsi dan Kabupaten akan diambil alih oleh Pemerintah Pusat.


"Kita pemerintah pusat akan ambil alih, karena yang namanya jalan logistik dan produksi itu sangat penting sekali, apalagi rusak parah, harus segera dikerjakan," ungkap Jokowi.(@21)