Percobaan

 


Tingkatkan SDM Bidang Konstruksi DPD IALKI Jambi MoU dengan Dinas PUPR Tebo


JAMBIBABA. COM, SENGETI - Untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidangnya, Dewan Pimpinan Daerah Instruktur dan Asesor Konstruksi Indonesia (DPD IALKI)  Provinsi Jambi melakukan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Dinas PUPR Kabupaten Tebo. Selasa (28/03). 


Penandatanganan ini langsung dilakukan oleh Ketua DPD IALKI Provinsi Jambi  dalam hal ini di wakilkan oleh Ketua I DPD IALKI Provinsi Jambi Yultasmi, ST, SE, ME. 


Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tebo diwakili oleh Mustari, ST selaku kabid Cipta karya. Penandatanganan yang digelar di Kantor PUPR Kabupaten Muaro Jambi.



Yultasmi menyambut baik kerja sama antara IALKI dengan Dinas PUPR Kabupaten Tebo. Katanya, DPD IALKI Provinsi Jambi akan membantu Dinas PUPR Kabupaten Tebo menuju kegiatan yang lebih baik bagi pelayanan masyarakat. 


"Oleh karena itu, DPD IALKI Provinsi Jambi membantu dan memberikan saran dan masukkan,” kata Yultasmi.


IALKI kata Yultasmi, ST, SE, ME akan memberikan solusi dengan profesional dibidang konstruksi. Pada pelatihan di Dinas PUPR yang kompeten dari anggota DPD IALKI Provinsi Jambi yang professional pada kegiatan pelatihan dan uji kompetensi bidang kontruksi.


Selain itu, IALKI juga telah bekerja sama dengan LSP BINA KONSTRUKSI NUSANTARA (BKN ) yang memiliki banyak skema mulai dari jenjang 1 sampai dengan jenjang 9 dan sudah siap untuk melakukan asesmen di bidang masing-masing.


Katanya, IALKI adalah Ikatan Instruktrur dan Asesor Pelatihan Konstruksi Indonesia yang mempunyai tenaga Ahli professional. IALKI adalah ikatan profesi para instruktur dan asesor Indonesia dalam pelatihan konstruksi baik pelatihan dan asesmen tenaga ahli maupun pelatihan dan asesmen tenaga terampil.


Sementara itu Mustari menyebut, MoU ini dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus kerja sama antara kedua belah pihak guna untuk menciptakan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. 


Menurutnya, bimtek kompetensi dari jenjang 1 sampai dengan jenjang 9, harus dibimbing dan dibina oleh instruktur profesional yang memiliki sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) agar tercipta SDM yang kompeten juga nantinya. 


“Maka dari itu IALKI adalah tempatnya. Anggota IALKI sudah terdapat para ahli yang akan membantu Dinas PUPR Muaro Jambi dengan meningkatkan kompetensi. Serta membantu PUPR dalam kegiatan pelatihan serta membantu memberikan saran dan masukan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi di kegiatan Dinas PUPR Kab. Tebo,” ujarnya. 


Dikatakannya, Dinas PUPR Kabupaten Tebo ingin berfungsi optimal dengan adanya SDM dengan adanya legalitas dan kompetensi dari ahlinya untuk mencetak SDM yang kompeten.(***)