Percobaan

 


Satu Hektar Lahan di Mestong Terbakar

JAMBIBABA. COM, SENGETI - Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di Desa Nyogan Kecamatan Mestong, Minggu (5/1) kemarin.

Lokasi terjadinya kebakaran lahan seluas 1 ha tersebut milik Ex. PT. Agro Makmur. Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Mestong AKP Taroni Zebua.

Dia menyebutkan, berdasarkan hasil pantauan hotspot satelit LAPAN, latitide 1 85027945 dan Longitude 103 508 16345 bahwa terpantau titik api yang berada di Desa Nyogan, Kecamatan Mestong.

"Berdasarkan pengecekan TKP yang dilakukan oleh peesonil Polsek Mestong bahwa ditemukan kebakaran lahan di RT.  08 Dusun Jerat Harimau," katanya.

Dijelaskannya, api diketahui Oleh Warga pada pukul 15.40 WIB. Kemudian, personil Polsek Mestong, Babinsa Desa Nyogan dibantu oleh warga sekitar dan kendaraan pemadam kebakaran dari Sungai Bahar melakukan upaya pemadaman.

"Api dapat dipadamkan  sekira pukul 22.00 WIB berkat kerjasama semua pihak," tukasnya.

Sementara itu, Kapolres Muaro Jambi AKBP Muharman Artha, menghimbau  masyarakat tidak buka lahan dengan cara membakar. Hal ini mengingat luasnya wilayah Kabupaten Muaro Jambi dan sabagian besar merupakan lahan gambut.

"Muaro Jambi sebagian besar merupakan  lahan gambut dan sangat rawan terbakar," bebernya.

Dia menyampaikan, pemerintah dan aparat kepolisian, TNI bergabung dalam Tim Satgas Karhutla akan selalu siaga guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, karena memang wilayah berpotensi tinggi rawan akan kebakaran hutan.

"Antisipasi yang  dilakukan dimana berbagai perusahan yang telah membuat embung di lokasi lahan gambut dan memberi sosialisasi kepada masyarakat bersama dengan tim peduli api," tukasnya.(@21)