Percobaan

 


Dewan Sebut Permasalahan Sampah Tangung Jawab DLH

P- Dewan Minta DLH Respon Cepat Keluhan Warga


JAMBIBABA. COM, SENGETI - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Sumersen Purba, meminta kepada Pemkab Muaro Jambi serius dalam mengelola sampah di wilayahnya.


Menurutnya, sejauh ini dia menilai persoalan sampah di Muaro Jambi dalam penanganannya masih belum maksimal. Bahkan, masih banyak keluhan dari warga terkait persoalan sampah tersebut.


Dia meminta, Dinas Lingkungan Hidup Muaro Jambi yang menanganinya segera menyelesaikan komplain persampahan oleh masyarakat, apa lagi pembuangan sampah di lokasi lintasan jalan nasional. 


"Seperti di sepanjang jalan Jaluko depan UIN STS Jambi , banyak sekali tumpakan sampah," katanya saat ditemui, belum lama ini 


Dia menyebutkan, apakah sejauh ini Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di wilayah tersebut sudah tidak berfungsi lagi. Namun, sejauh ini KSM tersebut masih aktif dalam pengumpulan sampah.


"Ada mobil kita aset APBD di situ, mereka yang tidak berfungsi lagi sekarang dan masyarakat sekitar komplain," bebernya.


Dia mengungkapkan, sebelumnya pihaknya bersama Dinas Perkim di akhir Tahun 2022 sudah turun ke lokasi. Saat itu mereka akan mengangkut sampah yang dikeluarkan warga dan menata kembali dulu KSM nya.


"Kami sampaikan kalau mesin-mesin itu tidak bisa berfungsi, supaya dibenarin dulu baru KSM itu diaktifkan kembali," bebernya.


Terkait dengan peralihan kewenangan pengelolaan sampah, pihaknya berharap agar Pj Bupati segera menunjukkan pejabat defenitif. Sebab, saat ini di LH sekarang itu masih pelaksana tugas Kabid persampahan.


"Jadi nomenklatur itu sampai ke jajaran bawahnya supaya cepat diselesaikan," tukasnya.(@21)