Percobaan

 


Akhir Tahun 2022 Kejari Sampaikan Pelaksanaan Kerja Penanganan Kasus Di Muaro Jambi


JAMBIBABA. COM, SENGETI - Kejari Kabupaten muaro jambi sampaikan  pelaksanaan kerja Penanganan kasus di wilayah hukum Muaro jambi, tentunya banyak menemukan kendala sudah mencapai berapa target, senen (26/12).


"Alhamdulillah di dalam penyerapan anggaran dalam pelaksanaan tugas sampai dengan hari ini sudah mencapai 95% di dalam kaitan pelaksanaan tugas tersebut bidang pembinaan dalam Tahun 2022 ," Sebut kamin S. H. M. H pada saat pers rellis.


Kita sudah mendapat juara 2 di dalam pelaksanaan tugas ke wilayah hukum Kejaksaan tinggi Jambi Alhamdulillah kami  ucapkan terima kasih kepada Pak kasub bin yang sudah termasuk nominasi berprestasi di tingkat provinsi ,Selain itu pelaksanaan tugas juga dilaksanakan di bidang intelijen khusus untuk di bidang intelijen  untuk tingkat nasional dalam hal pemberitaan Melalui aplikasi si ACC tingkat nasional di bulan kemarin bulan November untuk Kejaksaan Negeri Muaro Jambi mendapat juara dua,"pungkas kamin.


"Selain itu di dalam pelaksanaan tugas bidang intelijen sudah melakukan pengamanan dalam pelaksanaan  proyek strategis, yang ada di wilayah hukum kejari Negeri Muaro Jambi , yang nilainya sekitar 118 miliar mudah-mudahan di dalam pelaksanaan tersebut sudah berjalan dengan lancar terus"


"selanjutnya di bidang tindak pidana umum ,Alhamdulillah hitungan Terima kasih Bapak kasi Pidum ini mewakili,  di mana Tahun 2022 sudah menerapkan aplikasi terbaru,kalau sebelumnya itu para penyidik khususnya polisi  jaraknya cukup jauh seperti  Sungai Bahar ,kalau Sungai Bahar itu jarak ditempuh bisa 2 jam setengah ,tiga jam hanya untuk mengurus perpanjangan penahanan, gimana Kalau dihitung-hitung mungkin satu hari itu khusus  mengurus perpanjang penanganan satu orang, namun dengan kegigihan dari pada kasi pidum beserta teman-teman kerja sama dengan bidang lain si tahun 2022 sudah bisa menerapkan aplikasi temuan baru,"katanya.


"Sistem aplikasi tindak pidana umum di mana aplikasi ini para penyidik yang ada di Polsek Polres tidak usah datang ke Kantor Kejaksaan ,cukup mengisi aplikasi yang ada di sistem tersebut Insya Allah dalam jangka waktu 1 jam  Sudah terbit surat perpanjangan  penahanan, begitu juga di dalam hal pelaksanaan penetapan Hakim perpanjangan  penahanan maupun pelaksanaan eksekusi untuk ke lapas anak Lapas perempuan 8 narkotik dan Lapas di kota itu cukup mengisi dengan aplikasi, "bebernya.


Jadi sekarang sudah sistemnya, sistem aplikasi Sekali lagi kami ucapkan terima kasih itu yang sudah menerapkan aplikasi temuan kita bersama, terus untuk di bidang tindak pidana khusus alhamdulillah kejadian Negeri Muaro Jambi sudah bisa menyelesaikan penanganan perkara mafia tanah yang mana kemarin sudah dilakukan penahanan juga jadi kita tidak main-main untuk di dalam hal mafia tanah , "tukasnya.

mudah-mudahan di tahun awal tahun 2023 ini berkas-berkas sudah siap untuk dilimpahkan, selain ini untuk bidang tidak untuk bidang perdata dan tata usaha negara bidang Datun, ini banyak menorehkan catatan yang membanggakan terutama ada keserasian antara bidang Datun bidang barang bukti dan bidang Intel yang mana Pidum kemarin sudah ada perkara illegal logging atas nama PT TNI, itu sudah ada putusan Mahkamah Agung dengan denda 5 miliar, "imbuhnya.


Akhirnya bidang-bidang atau jaksa  melakukan koordinasi dengan bidang intelijen melakukan pelacakan aset-aset daripada perusahaan tersebut, Alhamdulillah berhasil melakukan pelacakan aset sehingga dapat melakukan penyitaan berupa ruko 4 pintu 3 lantai yang ada di Kabupaten Merangin kalau di taksir harga sekitar 5 miliar sehingga untuk langkah berikutnya karena perusahaan tersebut melakukan tindak pidana ,kami mengharapkan kepada  kasi pidsus nanti di awal tahun 2023 ini agar melakukan gugatan untuk pembubaran PT tersebut,karena sudah melakukan perbuatan tindak pidana.


"selanjutnya berhasil di Tahun 2022  melakukan pengembalian aset berupa lapangan Akso Danau lapangan aksadanaksadano ini langkah pertama dilakukan pemasangan plakat berupa papan yang bertuliskan bahwa Tanah ini milik Pemda Muaro Jambi ,"sebutnya.


Namun ada warga atau seseorang yang tidak terima Dengan pemahaman dengan papan tersebut warga  melakukan gugatan, per tanggal 15 Desember kemarin sudah ada putusan di pengadilan tingkat pertama Datun mewakili ya jasa pengacara negara serta pengacara  jaksa Negeri Muaro Jambi mewakili daripada Pemda dan alhamdulillah hasil daripada sidang di PN menang, mudah-mudahan tanah tersebut kami mengharapkan tidak ada upaya hukum lagi, mungkin nanti bisa dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Muara Jambi selain itu juga bidang Datun sudah melakukan pengembalian aset berupa ruko sebanyak 78 pintu yang ada di Kabupaten Muara Jambi letaknya di kecamatan sungai Gelam desa Petaling Jadi kemarin sudah kita pasang plakat agar nantinya kalau sudah kita kuasai seperti itu ruku-ruko toko tersebut diharapkan nanti bisa menghasilkan ,"pungkasnya.


Seperti disewakan atau kalau dijual tidak mungkin ,nanti kita sewakan disesuaikan dengan aturan Pemda selanjutnya  langkah Datun bersama dengan Intel juga sudah melakukan pendampingan dalam pelaksanaan pembebasan lahan khususnya untuk jalan tol Betung tujuan dari yang ada itu daerah bertam, tempino ,sungai landai sama pijoan Alhamdulillah 4 Desa ini sudah clear dan untuk desa Sungai Landai sudah dilaksanakan ganti rugi ,namun untuk yang 3 Desa ini semua keadaan sudah clear tinggal pembayaran, "imbuhnya.


itu semuanya berkat pendampingan daripada bidang Datun bersama Intel Sedangkan untuk relokasi dan pengembangan Candi bidang Datun dan Intel Alhamdulillah dipercaya untuk melakukan pendampingan ,diharapkan nanti karena Candi Muaro Jambi ini sudah diakui Unesco mudah-mudahan apa yang dijanjikan oleh pemerintah di dalam pelaksanaan pengawasan tersebut akan dikucurkan dana sekitar 1,5 triliun sampai tahun 2024 ,mudah-mudahan kejaksaan negeri Muara Jambi dipercaya untuk melakukan pengamanan pengawalan dalam pelaksanaan pekerjaan tersebut sehingga nanti diharapkan tidak ada penyimpangan-penyimpangan di dalam pelaksanaan pekerjaan.


"Selain itu Datun juga sudah banyak menerima kuasa maupun melakukan perjanjian kerjasama seperti dengan pihak KPU yang biasa KPU itu tidak ada, semuanya ini berkat dari teman-teman sampai dengan sekarang untuk bidang barang bukti itu sudah menghasilkan penerimaan kas negara bukan pajak hasil lelang  sebesar Rp.760.836.000 , terus penerimaan kas negara dari uang rampasan barang bukti itu senilai Rp. 7.994.200,Alhamdulillah Ini bidang barang bukti dan rampasan bisa juga bisa menghasilkan PNBP  Selain itu di Tahun 2022 Kejaksaan Negeri Muaro Jambi sudah melakukan empat kali lelang dan 17 kali penjualan langsung sedangkan sampai dengan sekarang yang belum berhasil dilakukan lelang itu berupa ruko yang hasil daripada denda tadi, namun itu sudah ditaksir harga oleh  KPKRL namun lelang Insya Allah dalam waktu dekat ini sudah bisa kita laksanakan,"bebernya.


Berikutnya  ada solar kurang lebih 762 liter itu nanti Insyaallah  dilelang, Saya kira itulah semuanya hasil daripada kerja  Kejaksaan Negeri Muaro Jambi saya selaku pembimbing pimpinan mengucapkan terima kasih kepada teman-teman.


Penanganan barang bukti dan rampasan untuk tahun 2022 Ini mendapat peringkat ke-3 sewilayah hukum kejaksaan tinggi ,hanya itu informasi yang bisa kami sampaikan kepada bapak ibu Cukup sekian namun kiranya dukungan dalam kinerja kami selanjutnya mudah-mudahan di tahun 2023 kejaksaan negeri muaro Jambi dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik. (@21).