Percobaan

 


Fraksi PDIP Soroti Kinerja PDAM Muaro Jambi


MUARO JAMBI  - Kinerja jajaran dan direksi Perumda Tirta Muaro Jambi lagi-lagi dikritik. DPRD Muaro Jambi tak henti-hentinya menyoroti hal tersebut. Bahkan, sorotan ini menjadi salah satu poin yang disampaikan oleh Fraksi PDI-P dalam pandangan umum mereka. 31/05/22.


Betapa tidak, ini lantaran kinerja Perumda Muaro Jambi kian hari bukan bertambah malah makin anjlok. Meskipun tak ada parameter keilmuan untuk mengukurnya, namun banyaknya keluhan pelanggan mulai dari soal pelayanan, distribusi air yang sering mati daripada hidup, kualitas air yang kotor, pembayaran membengkak, pipa bocor hingga yang lainnya. 


"Pemerintah Muaro Jambi harus lebih serius lagi menata kembali manajemen Perumda yang beberapa tahun ini tak kunjung membaik. Keluhan selalu muncul dari pelanggan seakan tak pernah habis. Ada yang mengeluh air sering mati, pipa bocor, kualitas air kotor, pembayaran membengkak dan lain-lain," kata Usman Chalik saat membacakan pandangan umum Fraksi PDI-P terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran 2021. 


Menurut Fraksi PDI-P, Perumda Muaro Jambi belum terbebas dari kategori kurang sehat. Padahal, Baru-baru Sekda Muaro Jambi sudah memanggil manajemen guna menyikapi berbagai keluhan tersebut. 


"Pemanggilan ini kita harapkan dapat merubah tata pengelolaan Perumda, namun justru yang terjadi malah sebaliknya. Berbagai keluhan terus muncul," kata Usman Chalik. 


Menurut Fraksi PDI-P, buruknya pelayanan Perumda Tirta Muaro Jambi ini tentu tidak luput dari andil manajemen. Kata Usman, SDM-nya bisa jadi tidak berkualitas. 


"Sumber daya manusianya bisa jadi tidak energik, kurang berkualitas atau jangan-jangan penuh dengan masalah," kata Usman penuh dengan penekanan. 


Masih dalam pandangan umum fraksinya, jika ingin BUMD ini maju, berkembang dan bermanfaat bagi daerah dan rakyat, maka BUMD harus dikelola oleh SDM yang cerdas. 


"Harus dikelola oleh SDM yang cerdas, berpikir visioner dan memiliki jaringan relasi yang kuat. Kami dari Fraksi PDI-P mengharapkan adanya solusi terbaik dari Pemda guna mewujudkan perubahan dan perbaikan di tubuh Perumda Tirta Muaro Jambi. Saran kami supaya direktunya segera diganti dan dilakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap jajaran," kata Usman. (*)